Thursday 13 October 2011

Uang Kecil dan Makian Kecil


Pernahkan kamu bermasalah dengan duit receh atau apa pun yang penting berkaitan dengan uang kecil? Begini Teman, saya mau berbagi dengan kalian tentang kasus uang, kosan kami yang diisi oleh mmm #mikir# lima orang ini masing-masing adalah pekerja di satu instansi yang sama, eh, instansi atau yayasan ya? Hehehe begitulah pokoknya.

Nah, karena setiap hari kami sibuk bekerja, pergi pagi pulang sore hari, bahkan, tak jarang kami lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih nanggung. Sementara malam harinya kami habiskan untuk beristirahat, karenanya, kami agak malas membersihkan sampah yang seharusnya disimpan ke depan gang untuk diambil tukang sampah setiap Kamis dan Minggu. Namun, tetangga kosan kami, sebut saja namanya pak Oding, menawarkan diri membersihkan sampah kosan kami yang menumpuk, menampungnya ke sebuah karung, kemudian menyimpan sampah-sampah tersebut di pinggir gang. Untuk itu kami patungan sebesar 3000 rupiah per orang untuk kebersihan sekaligus jika ada pungutan dari pak RT kepada Pak Oding. Maka, kami tidak usah repot mengurusi sampah yang menumpuk karena tiap bulan kami membayar tepat waktu.
Sampai akhirnya pak RT menegur kami karena tidak membayar uang warga setiap bulan, padahal kami mempercayakan semua itu ke Pak Oding, terjadilah rapat mendadak semua penghuni kosan karena kami dipungut biaya 5000 rupiah per orang sebagai jaminan kami warga domisili. Tentu saja kami protes, wong warga yang rumahnya diisi oleh beberapa kepala keluarganya saja bayarnya tetap 5000 per rumah, akhirnya kami memilih menyelesaikan hal ini bersama dan meminta penjelasan baik-baik kepada pak Oding. Waktu itu saya bilang kepada Mas Musa, “kita harus baik-baik tanya ke pak Oding, karena dia kan orang tua, sementara orangtua itu sifatnya sedikit-sedikit tersinggung, bagaimanapun dia adalah tetangga kita yang setiap hari bertemu dan membersihkan sampah kita”. 
Aturan sebelumnya adalah kami memberikan uang sebesar 15000 kepada pak Oding. Dengan catatan sebagian diserahkan kepada pak RT. Ternyata tidak dilaksanakan, yang berarti pak Oding menyimpan sendiri uang itu. Dan benar saja, ketika mas Musa bertanya dan mengeluh pak RT mendatangi tempat kos kami, Pak Oding berbalik marah dan mengancam tidak akan membersihkan sampah kami lagi, tentu saja ini menjadi masalah buat kami, akhirnya kami sepakat untuk bersama-sama mengurus sampah sekaligus meminimalis kehilangan, FYI, sudah dua kali baju saya hilang di tempat kos dan hanya barang saya, entah karena apa, yang pasti, saya akan lebih hati-hati untuk hal ini.
Kembali ke permasalahan tadi, terkadang uang yang kita tidak anggap tidak seberapa malah berbalik menjadi hubungan yang tidak baik, seperti Pak Oding tadi, mungkin karena uang yang hanya 15000 per bulan itu. Saya jadi ingat abah saya yang sudah agak pikun, setiap pagi dia meminta kepada kakak saya uang jajan untuk beli gorengan, dan camilan kesukaannya.


Ilustrasi ngambil di Google

Lain lagi dengan kasus mengenai uang receh, ini saya alami ketika akan pulang kampung ke Garut, saya, kakak saya, dan tiga keponakan saya saat itu menempati bus yang masih kosong, saat itu ada pengamen yang selesai bernyanyi dengan lagu Iwan Fals-nya. Kami saat itu masih “kagok” mengurusi anak-anak kecil dan menempatkan mereka yang agak sedikit ribet, datanglah pengamen itu, kakak saya menyampaikan maaf dengan melambaikan tangannya (istilahnya apa ya? Untuk mengatakan maaf? Memberi tangan? pokoknya itu lah), si pengamen mengumpat. “Huh! Pelit! Dijilbab tapi pelit, sekalian aja jadi pelacur sana!” astagfirullahalazim, kakak saya sampai memaki, “gelo siah, maneh weh!” (gila, lo aja jadi pelacur). Miris ya, itu adalah kejadian ketika saya masih kuliah dulu, sekarang tentu saja masih banyak yang seperti itu, ketika seorang anak duduk di pinggir angkot, dia menengadahkan tangan sehabis menyanyi lagu Alamat Palsu Ayu Ting-Ting yang sedang mendunia itu, sayang tidak ada yang memberinya recehan, dia pun mengumpat “ew*, goblok, maredit anji**, taik!” wah ... anak itu ... saya sampai bergedik, kalo dia adik saya, sudah saya tendang dan diceburkan ke sumur. Ngumpat sebegitunya. Saya hanya bisa mengelus dada, lain lagi dengan pengalaman-pengalaman teman-teman saya, cekidot: 
NB: saya ambil komen di pesbuk. Hehehe
Muhamad Rahmat pernah, waktu itu sekali-kalinya ke terminal kampung rambutan pas mau ke bandung. pengamen merangkap preman. dimaki-maki dan sejak itu jadi malas kalau mau ke terminal itu lagi. terus jadinya kalau pergi pakai angkutan umum selalu bawa uang receh buat pengamen. daripada disemprot lagi, lumayan trauma juga soalnya. kalau selain sama pengamen jarang sih.

Ini jawaban teman saya Arie:

Kalimat yg persis gtu jg pnh dgr. pas itu aku lg pergi sama ibuku (beliau berjilbab jg)

kl pengamen seh biasanya gw diemin aja. drpd ntar panjang urusannya jg. wkt sama nyokap jg gt, dicuekin ama nyokap. krn abis mrk blg gtu biasanya lsg pergi jg kn?

tp kl mw menyampaikan what i had in mind, gw bakal blg gni ke pengamen: "mas, kalo maennya bagus ye, pasti saya kasih dah, goceng jg keluar"

kl ke pengemis biasanya blgnya "gw dpt duit susah, dr kerja keras. kl lo mw dpt duit itu usaha dlu yg bener, kl cm ngemis n minta2 dijalan mah gampang, gw jg bs"

itu klo udh panas n pgn ngecounter. tp biasanya seh gw cuekin aja kl abis nyolot trs mereka pergi, ga pake sok ceramah dlu

kl yg dtg pengamen bencong, mw jelek mw bagus gw buru2 kasih duit bahkan sblm dia mulai nyanyi. biar cpt2 minggat XD

makanye kl makan di kaki lima gw cr tmpat duduk yg mepet tembok n kejepit meja, biar ga bs disamperin ama bencong. Wakakakakaka

Hahahaha jadi ingat kejadian di Puncak tempo hari, kami sekeluarga akan mengunjungi tante dan om saya yang berangkat ke haji, di tengah jalan, macet, tiba-tiba ada perempuan cantik memakai tanktop dan rok mini menghampiri mobil kami dan bilang ke bapak saya: “Papih, uang goyangannya dong,” seketika bapak saya terhenyak “gak ada, bukan papih saya mah,” saya dan ibu saya sampai ngakak melihat kejadian itu, sang pere pun berlalu dengan goyangan khasnya. Lanjut ke pengalaman teman saya, iQmah:


iagh teh iQ pernah wktu itu sma tmen2 dy nyanyiii lgunya g'jelas...
truuss...dy cuman ngemodal ngeprok2 tangan doang teh...
yagh..iQ g'ngasih coz..dy g'usaha bgt....rokonya ajh dy simpen dulu di dket phon...
iiigh...g'mw deh..kalo iQ ngasih doit trus ntar bwt dy ngroko tow ngelem...
eeeegh...dah slese nyanyii..(yg mnurut iQ mah bkn nyanyii itumah ngegumam)
trus g'da yg ngasih doit ..dy bil "ongkoh krudungan tapi teboga hate.." (kerudungan tapi gak punya hati)
edan doong...BT....!!!!!!!!
kasus lain paling waktu dikampus ada bpa2 jual pisang sesikat bilangnya...dy mw cari anaknya... iQ g'bisa bntu...dy bilang... "tong jadi mahasiswa munteu bisa bantumah" (jangan jadi mahasiswa kalau gak bisa bantu mah). Besoknya...bpa2 itu ada lgi didepan kampus...sdg di usir stpam.. pas nanya ktemen...ktanya dy nwarin baju sama pisang sesikat bilangnya butuh bwt ank di rumah sakit.. hahhaha tmpaknya..c'bpa kmaren dah ktemu anknya..terus hari ini anknya dirumah sakitt..hahha. Tapi jelas bgt dy nipu teh..org siangnya dy mkan di warteg bahari..

ini kasus Teman pesbuk saya, sekaligus sepupu saya, Lastri:
pernah di pasbar ngamen eweh nu mere ditariung we ceunah tapi pedit (pernah di Pasar Baru, ngamen gak ada yang ngasih “pada dikerudung tapi pelit”)
trus di taxi nu meresihan debu bari mawa kamoceng pake mobil we bari teu mere (di taxi, yang bersihin pake kemoceng “pake mobil tapi kagak ngasih”) kitu.

da rek dibere da masih jag2 bisa keneh gawe (mau dikasih kan masih segar bugar)

Ngeri liatnya anak ini
nu ngamen di BIP mah keren suara alus bari nyanyi lagu avril keren teu segen mere goceng ge teu lebar (kalo yang ngamen di BIP, suaranya keren dan nyanyi lagunya Avril ngasih goceng juga gak sayang).

tappi paling males lamun nu ngamen budak leutik ngais orok eta indung orokna gelo hayang neke (tapi paling malas kalo yang minta-minta anak kecil gendong bayi, itu ibunya gila apa, pengen ngejitak!)

Ini komentar temen saya yang lain:
Ca Ya pernah,,,pengamennya anak kecil.waktu itu saya lagi naik motor.saya tidak memberi, saya justru dipukul :( (hahaha sadis ya?)

Abda Faisal hare gene, masih ada duit receh ?
Pengamen aja cemberut kalo dikasih receh.

Bukan sombong ato apa tp jaman globalisasi yg membuat itu semua.

Tpi, klo receh nya ada banyak, lumayan jg .

ini masalahnya ama pengamen apa ama uang receh. :D
klo saya pernah diomelin pengamen gara-gara dia nyanyi saya ga sadar make earphone. XD

Nah, itulah teman-teman, luapan hati sebagian dari kita yang “kesal” dengan masalah uang kecil. Miris sekali, coba yang korupsi itu duitnya dikasih ke yang membutuhkan uang kecil? (halah udah kek pejabat aje lu!)
Lagi-lagi saya tidak ingin menghakimi, saya hanya menulis, dan menulis adalah bentuk eskpresi serta wadah curhat saya.
Menyalahkan pengamen dan pengemis? Tidak. Menyalahkan kalian yang enggak mau memberi? Wah, itu sih hak kalian. Cuma mungkin kita harus pandai-pandai menjaga sikap kepada mereka, tersenyumlah ketika tidak akan memberi, atau, selalu siapkan uang receh ke manapun pergi, yang lebih penting, ngasih ataupun enggak, ikhlas saja, iya kan?

Bye-bye .... Hatchih ... (flu nih, seharian kena AC tadi >.<)


12 comments:

  1. wah, parah banget yah. Kalau di kota aku juga (maap) pengemisnya rata-rata pada kaga bisa di percaya. Penghasilannya bisa lebih besar dari kita-kita -..-.jadi agak milih-milih,kalau nggk anak-anak kecil yah nenek-nenek atau kakek-kakek aja sih yang dikasih.Tapi alhamdulillah, nggk pernah sih ada pengalaman sampai dimaki gitu.

    ReplyDelete
  2. intinya ini teh uang receh versus pengamen hahaha.....rek kumaha deui da pengamen pada ga sekolah mungkin ya ga punya sopan santun....sebenarnya ga usah ngasih soalnya kalo ngasi tar di beliin yg ngak2....sukur2 buat makan dia....tapi terserah sih yg penting ikhlas....saya sering ketemu yg beginian ampe ada yg ngajak gelut....waduh2....mau gmn lagi wkaakwakw sedia uang receh emang bener2 di perlukan.....dan selalu jaga sikap ...
    ceuk kolot gaul baheula mah kiyeu tah :
    something created not but smile, because a smile can create something

    ReplyDelete
  3. memang mental orang miskin selalu menyedihkan_menjijikan.
    orang kecil memang sangat pantas mendapatkan yang kecil, jika maksud menjijikan merujuk pada taik, bisa saja

    ReplyDelete
  4. haha, saya juga pernah tuh .
    maksa dah itu pengamen . anak kecil ..
    sampe sweater saya ditarik2 sambil bilang " om,minta om, minta" .

    ReplyDelete
  5. Tulisan Syifa mewakili pengalaman banyak orang, termasuk saya. Saya pernah mengalami yang seperti itu waktu naik angkot dari Bubulak ke Sukasari. Pengamennya menggerutu karena tidak ada penumpang yang memberi receh. Saya kurang mengerti bahasa Sunda, jadi tidak tahu persis isi gerutuan si pengamen. (hehehe... :p)

    ReplyDelete
  6. Yang menjadi masalah adalah bukan seberapa ingin mereka mengharapkan receh dari kita, tapi bisakah kita berempati kepada mereka? Tapi memang kalau wujud empati itu ngeluarin duit receh, itu bisa sangat merepotkan. Ngambil uang recehan dalam suasana desak2an, kan, agak merepotkan. Tapi menjamurnya pengemesi, anjal, dan pengamen tentu saja merupakan cermin dari bobroknya birkokrasi. Dikemanakan uang untuk urusan sosial. Jadi jangan salahkah pengemis2 itu, yang salah adalah sistem dan kelompok penggerak sistem. Kalau saya akan selalu ngasih recehan. Itupun kalau ada receh. Dan nggak semua pengamen seperti yang disebutkan di atas, kok. Banyak yang santun. Kehidupan mereka keras dan patut diberi apresiasi tinggi.. Ingat. mereka tidak mencuri. Lagipula tidak setiap hari kan kita diganggu oleh orang2 itu.

    ReplyDelete
  7. lopyuuu mwuach2..kereendh...N suka bahasannya ringan tapi real ada dskitar Qt...
    kuduna rsfel mentri teh...mentri.ksjhteraan.sos. yg baru baca nih blog..hohohoho...

    ReplyDelete
  8. Yah gimana yah,susah juga sih antara menempatkan empati dan juga rasionalitas kita. Kadang kasian gitu,ada rasa kita juga pengen bantu banyak tapi apa sih bantuan yang bisa kita langsung kasih? Ya,jawabannya terletak pada uang receh tersebut.

    ReplyDelete
  9. kalo disini pengamennya pake gaya preman, trus kalo ngomong sok2 kayak orang mabok, biar orang2 takut dan mau ngasi duit =..=

    si pak oding udeh bau tanah tp kelakuannye gt ye. moga diterima disisinya ahahahha

    ReplyDelete
  10. betul2 terkadang uang kecil bisa menjdi mslh besar,,namanya jg uang terkdg uang btl bisa menghancurkan sebuah kepercayaan..
    Kakak sy pux crt lucu wkt itu dy lgi duduk2 d pantai,,d pantai sini kn pengamenx rata2 preman,,kl gk d ksih apalgi mintax sm cwok biasax mukul,,nah kebetuln yg ngamen anak2,wkt slesai nyanyi maksa2 minta duit,,udah d blg gk ada uang receh ttp aja mksa,akhirnya dy nyuruh tmnnya buat nyalain motor trus d suruh nunggu sm kakak sy,,kakak sy pun nyuruh si pengamen duduk d smpingnya wkt udah nyantai duduk kakak saya lgsg dorong tuh pengamen turun k laut dy langsung kabuuuurrr...wkwkwkwk...lucu jg,,sapa suruh maksa,,org gk ada duit gimn??
    banyak sih pengalmn sy ttg uang receh, dsb..klo d ceritain semuanya bs pnjang nih komennya..
    yg jlasnya ada bebrp org tmn kntor sy yg sdh gk sy percaya lgi krn mslh uang,,

    ReplyDelete
  11. Tetapi risih juga ya rasanya, makan belum juga habis yg datang sudah sampai 5 dan bergantian..

    ReplyDelete
  12. *sigh* #Menghela nafas

    Kalo saya, selama ada duit receh, saya kasih dengan senang hati... :|

    Tapi kalo terlalu sering kedatangan pengamen, rasanya jengkel juga.
    Biasanya banyak pengamen itu pas makan malem di warung2 pinggir jalan deket kampus saya (di Bandung), kalo gak di Dago ya di Tamansari deket Plesiran.

    Habis kelar satu pengamen, gak sampe tiga menit muncul lagi pengamen lain. Habis itu kelar muncul lagi pengamen yang baru. Gak ada habisnya.

    ReplyDelete

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com