Thursday, 26 January 2012

Kosan: Tipi Nyala Sendiri, Ulah Siapa?


Pernahkah kamu merasa ada hal-hal aneh di sekitar kamu? Apa ya? Apa saja. Semisal ketemu setan gitu? Iya kali. Wajar saja sih, (kayaknya) orang kita beda alam, iya, kan?

Tulisan berbau horor mungkin bisa kamu dapatkan dimana saja. Cerpen horror, cerita-cerita misteri yang sebetulnya gaje tapi tetap saja bikin merinding. Nah, memangnya kamu mau nulis horor Syif? Enggak juga. Cuma pengen nulis beberapa kejadian aja sih. Horror? Ikuti aja sendiri. Hehe
Kemarin malam, sepulang kerja, saya buru-buru pergi untuk hunting handphone pesanan teman saya. Ya, Cuma buat sms dan telepon aja sih, karena dia berada jauh di seberang sana dan untuk info aja, sinyal yang ada itu cuma sinyal yang iklannya bikin lupa diri itu. 
Sepulang dari mall yang jualan hape, saya bertemu teman saya di hotel lalu pulang ke kosan. Penat sekali. Jam sepuluh, baru saya sampai di kosan, di daerah Bandung timur dengan mata sedikit agak mengantuk.

Setelah buka pintu gerbang, segera saya masuk ke kosan dan agak tercengang juga karena ada nyala-nyala dan suara dari dalam kamar saya. Oh, mungkin saya lupa mematikan lampu. Dan suara itu mungkin dari tivi tetangga kamar saya. Namun, setelah saya masuk kamar, saya benar-benar mematung. Tivi saya menyala dengan volume yang agak besar. Saya ingat betul ketika pergi saya sudah mematikan tivi dan berani sumpah enggak menyalakannya. Yasudah, saya tidak mau berpikir yang bukan-bukan. Segera saya buka baju dan rebahan (yang ini kaga usah orang tau lo buka baju. #gampar#).
Saya masih agak bingung dengan kejadian barusan. Setelah teman sebelah kamar saya membuka pintu kamar, saya segera  menghampiri dia. “bu, kok tivi gue nyala ya?” “lah mana gue tau, lo lupa kali.” Katanya setengah kaget. “mana ada, orang tadi gue matiin kok, gue inget banget,” kata saya, ngotot. “Tau ah, lo kagetin gue aja, baru mau buka pintu lo udah nyosor aje.” “hehe maap.” Dan saya pun kembali ke kamar.

Jadi mengingatkan saya lagi ketika dulu, saya lembur di kantor tercinta ini. Waktu itu, saya dan teman sekantor saya yang sama-sama seorang editor mengambil lembur untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan yang tertunda. Sialnya, teman saya malah pergi ke ruangan atas dan ingin menyendiri.
Apa boleh buat, saya diam di ruangan saya sembari dengar acara musik di tivi plat ruangan saya. Tapi, sedang asyik mencatat, tiba-tiba acara musik tadi berpindah sendiri jadi ke film korea. Saya enggak begitu saja kaget. Saya lihat remote tivi berada di meja saya. Ya, agak jauh dari tangan saya, jadi, siapa yang mindahin channel? Kala itu, saya cuma bergumam “Kirain gak suka korea. Sok, ditemenin nontonnya,” yang sebenarnya saya agak merinding juga. Hehehe
kali suka pelm beginian dia :p
Jangan ditanya deh kejadian apa saja yang ada kalau sudah lembur di kantor, teman saya aja langsung panik waktu ada yang nendang kakinya waktu dia tiduran. Padahal, dia sadar betul tak ada orang lain selain dia disitu. Saya sih ketawa aja. Sekarang saya sudah mulai terbiasa dengan kejadian-kejadian begini. Sebodo ah, dia gak mampu beli tipi kali, makanya numpang nonton, dia enggak ada temen kali, makanya maen nyenggol aje. Kali sih … amit-amit dah temenan ama yang begituan, emangnya ane kepengen jadi titisan Suzanna kek neng Jupe? Plis deh …
Horor khaaaaaaaannn
Nah, kejadian lucu pernah adik saya alami ketika waktu itu, musim kemarau dan memaksa kami untuk hijrah mencuci di kamar mandi umum alias sumur bor di daerah kami. Saya kebagian mencuci baju berdua dengan emak saya, yang kala itu sedang mandi. Sementara adik saya kebagian bersihin rumah, maklumlah, kami tujuh bersaudara. Jadi rumah selalu berantakan dengan penghuni anak kecil 3 orang.

Singkatnya, adik saya yang kebagian bersihin rumah itu lari terbirit-birit menghampiri saya yang tengah memeras cucian. Saya kaget juga, dikira itu bukan adik saya dengan bajunya yang rombeng, dasar kampret, dikirain orang gila, hehehe. Soalnya, kalau di rumah, adik saya selalu seenaknya memakai baju yang sebenarnya lebih cocok dipakai lap ketimbang daster. Dengan jilbab ciput yang dipakai sekenanya, baju yang rombeng disana-sini, dia lari dan teriak-teriak dengan muka pucat.

“Kunaon (kenapa)?” kata saya. “buru geura balik, sieun.. (buru balik, serem)” katanya dengan panik. Ibu saya nongol di pintu kamar mandi yang hanya disekat separoh itu dan teriak “Itu di imah aya saha (itu di rumah ada siapa)? Make kadieu (kenapa kesini)!” nah lo, gawat kalo si emak udah mulai ngomel. Adik saya diam saja seraya ngos-ngosan. Saya terus nyuci saja. Enggak begitu peduli dengan orang sekitar. Habisnya, yang nyucinya ngantri.
Perjalanan pulang, adik saya bilang: “Tadi dideukeutan budak hideung, tapi euweuh sirahan” (tadi dideketin anak kulit item, tapi gak ada kepalanya). Saya langsung menghentikan langkah. “Lain meureun titinggalian (bukan kali, halusinasi). “da katingali atuh, manehna nyampeurkeun (bener keliatan, dianya nyamperin).” Katanya agak mau nangis. Saya ketawa yang sebenarnya agak merinding *horror juga sih* “emangna tadi keur naon (memangnya tadi lagi apa?)” “meresan wadah di dapur, terus rek ngonci panto gudang (beresin wadah di dapur, terus mau ngunci pintu gudang). Pas ker meresan, aya anu nyampeurkeun budak hideung sugan teh si galih. Tapi ngan katingali sampe beuteung euweuh sirahan.” (pas lagi beresin, ada anak yang nyamperin, kirain si Galih. Tapi Cuma keliatan sampe perut gak ada kepalanya). Jiaaaaaaahhhh bener deh saya merinding. “Lain meureun.” Saya terus menyanggah.
Lah, cem mana itu. Ada-ada aja sih, ya, kejadian suraneh begitu? Sebetulnya sih wajar saja, mereka juga hidup di alam mereka masing-masing, asal enggak ganggu kita. Iya, kan? Cem mana enggak ganggu, waktu kamar saya masih di lantai 2, bawah kamar saya adalah dapur yang menghubungkan ruang tengah. Tiap malam terdengar orang ketokin panci dan memasak. Siapa yang masak? Emak saya? Wong lampu dapur udah dimatiin dan kejadiannya jam 11 juga. Hiiiih merinding dah. Sekarang udah biasa aja sih, mau masak apa kek terserah lo dah, pening ngurusin lo! Hahaha.
Tapi, kejadian di kosan, oalaaaaaaaaahhhh masa harus nakut-nakutin sih? Kalo mau nonton ya nonton aja, awas kalo tipi ane rusak! Gantiin sama yang flat 24 inch.
Selamat bermalam jumat, semoga enggak ada kejadian-kejadian horror yang bikin kita malah memuja setan. Kalau kata emak saya, dimana pun kita, selalu yakin Tuhan bersama kita, lambat laun mereka enggak akan ganggu kita. Have a nice day! 

27 comments:

  1. aha aha... di ceritain sama Mama. dulu waktu aku belom lahir di rumah 'adaan'. kalo lagi nonton tv sekeluarga channelnya pindah sendiri. dan si 'doi' seneng nntn pilm india!! eaaa aca aca nehi nehi hahahaha

    terus kabel antenanya juga di gerak gerakin. tapi sekarang Alhamdulillah udah gak ada. gak tau pergi gak tau ada tapi gak ngengganggu lagi deh. yaaa mana aku tau

    ReplyDelete
  2. aih, malem jumat ngeposting ginian -____-
    serem banget tante! kalo punya twitter, memetwit aja :D

    ReplyDelete
  3. Tipi dikamar saya jg suka nyala sendiri, Kirain ada hantu lagi liat tipi trus sm ayah diperiksa ternyata bkn krn apa sih cuma IC Power suplynya rusak. jadi buat nyalain tuh tipi makann waktu 10 menit baru nyala stlh di colokin.
    Buat teh sipa cob deh sblm ninggalin kmr kos cop copannya dicopot. kalo tetep suka nyala sndr brrt teh sipa emang punya pens berat di alam sana.
    hihihihihihihihihih......

    ReplyDelete
  4. Syif, kejadian kayak gini sering. Tapi kalau kita tau sebenarnya : status kita di atas status kaum halus. Mereka betingkah semau mereka, nampakin wajah mereka yang super ancur gitu, ngasi suar4a yang serem2.... Tapi mereka nggak bisa nyentuh kulit kita, ndak bisa apa2in kita...

    Kecuali kita menyerahkan diri kita kebawah hukum mereka lo ya. Itu lain cerita. Maksudnya macam pesugihan, memohonkan santet terhadap orang, mencoba mengadakan kontak lewat permainan macam Jaelangkung/Ouija....

    Di saat itu kita melepaskan diri dari genggaman yang Mahakuasa dan mengijinkan diri kita untuk dikontak dunia halus, lewat penyerahan dan ritual2 macam tu....

    Yah ini sharing aja. Kita harus waspada terhadap macam hal2 gini.

    Tapi kalaupun kita tidak adakan kontak dengan mereka, lalu mereka mahkluk halus berniat mengganggu kita, baik lewat penampakan, santet, poltergheist, doppledanger, atau lewat bunyi-bunyi....

    Ingat PENCIPTA jauh lebih berkuasa dari mahkluk macam gene, dan dengan berlindung kuat padaNYA. DIA akan melemparkan mereka kembali ke tempat mereka seharusnya.... Neraka Jahanam.

    Moga2 sharingku ada fedahnya, dan kamu semakin berani menghadapi kampret2 ini.... :D

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah ya.. aku belum pernah nemu yang beginian. mudah-mudahan jangan pernah. ngeri aja kaleeee

    ReplyDelete
  6. hadeuh...dah sendirian di kos..malah ada postingan gini...
    ok lah...nanti saya juga cerita soal beginian versi sayah....
    tentang semua pengalaman saya di bogor....
    tpi soal tipi nyala sendiri,,,,saya juga ngalamin koq....dan persis dengan volume suara yg besar. entah siapa yg nyalain,karena saya waktu itu kerja dan sudah tentu tipi di mati'in...ngirit listrik,tpi koq pulang gawe thu tipi nyala sendiri....>.<

    ReplyDelete
  7. wedew -_-, baca yg bagian kantor biasa aja, pas yg dirumah itu lho :3

    tapi asal kita kuat iman, insyaAllah g ada apa2 :3

    ReplyDelete
  8. hahaaha,, syifa dasar kamu :p
    selamat malam jum'at ...

    ReplyDelete
  9. makasih yang udah komen, Ane gak punya Twitter, kaga bisa juga, heuheu punya pesbuk aja udah kelimpungan heuheu

    oiya, waktu saya pergi, memang dicabut kabel tipinya. (kalo gak salah) heuheu di kosan lumayan juga sering ada suara2 aneh begitu. ada yang masak juga, tapi kaga ada orangnya. tau ah, jangan jelma di depan ane aje, mau dijitak apa! hehehe

    ReplyDelete
  10. pura-pura gak baca.. ntar pingsan lagi!!!

    ReplyDelete
  11. bagian paling menarik adalah pelajaran Bahasa Rusia plus terjemahannya nya

    ReplyDelete
  12. Untung bacanya udah pagi gini mlem jumaatny jg udh lewat.....alhamdulillah,hihihihihi ^_^

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah aku gak pernah nemuin hal-hal yang kayak beginian (-_-")

    ReplyDelete
  14. kata salah satu guru agama aku, batas antara dunia kita dengan dunia mereka cuma sedengkul aja jadi hal-hal kaya beginian wajar terjadi karna didunia kita juga ada dunia mereka..

    ReplyDelete
  15. jin ga akan pernah nyakitin manusia, dia ga akan pernah bisa nyentuh seujung rambut pun. dia cuma bisa maenin pandangan kita, mata dan pikiran. lo kepikiran di tempat itu ada pocong? dia langsung jelma jadi pocong. lo ngayal di tempat itu ada kuntilanak? dia pasti jelma jadi pocong. lo kepikiran di tempat itu ga ada apa-apa? dia ga akan muncul. lo lagi ketakutan? jangan pernah ngebayangin apa-apa, lo nyebut aja kalimat2 allah, lama2 mereka jauh. # tulisan kamu bagus, say. yang penting jangan buru-buru, jangan pernah punya perasaan tulisannya pengen cepet selse, nyante aja, supaya dari konflik ke endingnya renyah. semangat ya bu!

    ReplyDelete
  16. Bandung khan emang terkenal spookynya :}
    Xixixxixiii,,,, ;)
    Kalo udaa biasa denger begituan c, yaudah woles aja. Tapi klo didatengin lsng kek si "tanpa kpala"...Set dech, ngibrit juga ane. Wkwkwkwkkk... :))

    ReplyDelete
  17. Wowo. Lumayan banyak juga yah pengalaman kamu trhadap hal begini. Mudah2an bisa memperkuat iman kita.. :D.. Amin

    ReplyDelete
  18. beruntung bacanya jumat siang :D

    emmm aduh,,serem jg sih klo ampe ktmu yg gituan brrrrrrrr.....pernah jg ngerasa semriwing doank heu,,sgtu jg udah takutnya asoy dah

    ReplyDelete
  19. hiiii...serreeeeeemm....
    aku denger suara aneh aja uda dag dig dug, bagaimana pula mau terbiasa?? mungkin lari terbirit-birit malah. hehehe :D

    ReplyDelete
  20. Wah, gue baru tau ada hantu yg demen nonton Korea.. hahaha.. kenapa kejadiannya selalu tipi? apakah ini sejenis hantu baru. Hantu tipi.

    ReplyDelete
  21. kok banyak tanda seruuuuu
    image.a error kali tuuuu jadi keganggu pas baca

    ReplyDelete
  22. tv-nya rusak kaliii... jangan suudzon sama mahluk halus dulu :p

    ReplyDelete
  23. Timer TV nya kali.....
    waduh,,,kalo mslh yg kyak gini sering bgt ngalamin d kntor,,di kamar d rumah...banyak kejadian...yah bgtlah,,,mgkn mereka terkdg menampakkan dirinya spy kita tau klo mrka jg ada..

    ReplyDelete
  24. tapi pling serem adik mb syifa...ih ngeri,,kalo saya yg ngalamin mgkn sy lbh milih pingsan!!!

    ReplyDelete
  25. wah lumayan takut juga walau hanya cerita ,
    kalau aku kaya gitu mungkin gak bakalan bisa lari dan akhirnya jatuh pingsan #wuuu

    ReplyDelete
  26. Sy jg prnh ngalamin drmh sndiri wktu itu jam 2.30 pagi tiba2 tv nyala dgn suara keras

    ReplyDelete
  27. halo teh, mo comment ini ah..pernah sih ngerasa horor sndiri krna tivi udah dimatiin tiba" nyala, trus lg nonton chanel "R" tiba-tiba pindah chanel S..gak taunya yah teh..tipi kosan aq teh dlu suka bisa di timer mati sndiri dan nyala sndiri gitu,diwaktuin..trus itu yg pindah chanel ternyata yang kepindah ke chanel S itu ternyata Chanel S pernah kepencet jd chanel favorit dgn tdk ngeuh, dan klo chanel fav itu tepat di waktu yang kepencet dia bakal pindah sendiri tiap harinya. Gitu sih,, klo yg horor beneran ada sih, tp gak diceritain ah..sieun.hehe.nuhun teh

    ReplyDelete

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com