Selasa, 09 Agustus 2011

Kentut dalam Air, Ngupil, Bisa Batal Puasa?

Kemarin saya dapat telepon teman saya. Ketika telepon akan berakhir, dia bilang:
T: Gue tidur dulu ya, mampet nih idung gue belom ngupil.
S: Lha nape? Ngupil aje ribet banget
T: Rese lo! Batal dong puasa gue
S: Ha? Napa batal? Emang upil lo dimakan?
T: Yaelah, dodol lo, ngupil, korek idung, kalo lagi puasa batal tauk! Gimana sih? Ngaji kagak?
S: ??? Baru tau gue kalo ngupil batal. Kaga ih, kalo lo makan baru batal
T: Guru ngaji kita beda. Guru ngaji lo beda ma guru ngaji gue!
S: Agama lo ape?

T: Islam lah OON! Dah ah gue mo sare!

ket: T= Teman saya
       S= Saya

Ngaaaaang…….. heran…. Ngupil? Batal? Kayaknya kalo ngupil batal seminggu saya puasa kaga ada yang tamat dong? Kan dalam seminggu itu ya ngupil, bersiin telinga juga. Nah… setelah beberapa detik hubungan telepon terputus, barulah saya ketawa ngakak. Kenapa ampe batal? Kan upil gue kaga dimakan? Ckckck … Ada-ada aja ….
Jadi keingetan waktu saya dengerin ceramah Pak Aam Amiruddin di Radio Oz Bandung kala itu pas mau masuk bulan puasa, seorang ibu bertanya:
Ibu: Assalamu ‘alaikum Pak Aam, saya mau tanya, kalo bersihin hidung dan ngorek telinga ketika puasa batal enggak, ya, Pak?
Pak Aam: Tentu saja tidak batal Ibu, bersihin hidung, korek telinga, kentut di air, ya selama upilnya tidak dimakan ya tidak batal, selama kotoran telinga tidak dicicipi ya tidak batal. Bu, ya?*
*benang merahnya seperti itu. Saya sampe ngakak pas lagi ngaji subuh… cieee gini-gini ane suka ngaji subuh lho…*
Hmmm… jadi keingetan juga. Sesak kali kalo idung enggak dibersiin pas lagi puasa? Akui aja, emang kita jadwalin ngupil jam berapa dan udah buka apa belon baru boleh ngupil? Kalo idung gatel terus jari kita masuk idung? Cem mana nih hah?
Untuk itu saya melakukan penelusuran, hal-hal apa saja sebenarnya yang membatalkan puasa? Selain makan dan minum yang semua orang udah tahu. Cekidot!
Menurut buku yang saya baca:
Puasa ditinjau dari hukumnya terbagi atas dua macam:
Puasa wajib dan puasa sunnah. Atau, lengkapnya adalah puasa wajib, sunnah, haram, dan makruh.
Karena kita lagi bahas puasa wajib, yang wajib aje yang dibahas ya?
Puasa wajib bisa diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Fardhu ‘ain, yaitu puasa yang diwajibkan Allah Swt. pada waktu tertentu, yaitu puasa Ramadhan.
2. Fardhu karena sebab tertentu, seperti memenuhi janji atau sumpahnya kepada Allah Swt., yaitu puasa kifarat. Seperti, kifarat sumpah, zhihar, kifarat, dan lain-lain.
3. Puasa wajib, yaitu untuk memenuhi janji terhadap dirinya sendiri, seperti puasa nadzar.

Nah, saya cuma bakal bahas yang wajibnya aja… yang laennya entaran ya… Ramadhan atau yang kita kenal baik dengan bulan Puasa merupakan bulan yang diwajibkan shaum atau berpuasa bagi orang Muslim dari waktu fajar hingga magrib. Dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ada dalam Al-Quran dan Hadis. Penegasan kewajiban ini tercantum dalam Alquran yang artinya:
Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada pada bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur (QS Al-Baqarah [2]: 185).
Nah, ayat di atas jelas, kan?
Ane bukan ustadzah chuy, tapi, berusaha menjadi hamba beriman kepada Tuhan, kan, wajib. Ya kan?
Nah, kembali kepada hal-hal yang membatalkan puasa. Apa aja, sih?
• Makan dan minum dengan sengaja. Termasuk di dalamnya merokok, apalagi nge-drugs yang jelas-jelas haram. Kalo ada yang bilang merokok gak batal karena rokok diisap dan gak dimakan? Hmmm buat orang yang kacanduan rokok, tentu aja lebih memilih gak makan daripada gak ngerokok. Ya kan?
• Jima’ (bersenggama). Nah, yang masuk dalam hukum berhubungan suami-istri adalah aktivitas mengeluarkan mani dengan berbagai cara, seperti onani, melihat aurat yang dilakukan secara berulang-ulang, menyentuh, mencium, berpelukan, dan selainnya, yang mengarah pada hubungan suami istri. Jika dilakukan salah satunya, batal puasanya.
• Keluarnya darah haid dan nifas. Ketika seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.
• Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut.
• Murtad (tidak lagi Muslim) juga membatalkan puasa. Lho? Untuk apa berpuasa sedangkan iman dan keyakinannya sudah berubah?
Nah… itulah yang sebenarnya…. Dan ada beberapa sumber yang saya ambil dari buku Tirulah Puasa Nabi …. Tentu aja yang saya tahu, makan, minum, bersenggama, itu batal … enggak ada, tuh, ketentuan batal karenga ngupil, ngorek telinga, apalagi ada yang aneh lagi, kentut dalam air…. Cckck lagi aneh-aneh aja … menurut ane sih kalo air bekas dikentutin itu diminum ya batal atuh? Ya, gak? >.<

12 komentar:

  1. Lumayan nih nambah info.

    Dulu ane pas kecil juga percaya kalo kentut dia air bikin batal. wkwkwk

    BalasHapus
  2. oh gt ya tante. ane juga bingung, kok org2 bilang ngupil bikin batal... ajaran sesat kali yak mereka wkwk

    BalasHapus
  3. hahaha entah juga... ajaran sesat ato enggaknya. cuman kalo uda gede masi percaya ngupil bikin batal, bisa disamain sama anak TK lho... mungkin orangtua dulu kronologisnya gini: anak kecil kan suka ngupil terus di maem sendiri upilnya, makanya dibilang batal... hahahahaha
    cuma ane gak tau tuh kalo korek idung juga bikin batal. mungkin karena keenakan kali yah? wakakakaka

    BalasHapus
  4. eh lobang idung.... lobang telinga... *ralat*
    bikin pikiran melayang kali yah?
    huahahahahaha

    BalasHapus
  5. whuahahaa... saha eta nu nelepon// gelo

    BalasHapus
  6. wkakakaka.. kalo ngupilin anus batal g? :p

    BalasHapus
  7. Samandayu: temen gue. yang kemarin cerita
    Pipit: iye dia sih pertamanya ngupilin anus, cuma aku gak bahas di atas... bisa kena UU pornografi entar... >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya si kalo masukin jarinya dalem-dalem mungkin btal juga

      Hapus
  8. katanya kalo pendapat yang kentut di air bikin batal itu gara2 kalo kentut kan kebuka, nah pas kebuka itu air masuk. jadi minum dari bawah. sori kalo (agak) jorok. haha

    BalasHapus
  9. waaaahhhh bisa bikin kenyang ya kalo kentut di air? maksudnya minum melalui anus? ada-ada aja ya...
    mas Fiscus... gapapa kalo agak jorok... kan gak dipraktekin... hohoho ;)

    BalasHapus
  10. Thanks infonya mba, bermanfaat sekali..
    Jadi sekarang bisa bebas ngupil nih.. Wkwkwk

    BalasHapus

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com