Thursday, 25 August 2011

(Masalah) Keperempuanan yang Memancing Emosi


Setiap perempuan pasti memiliki masalah yang berkaitan dengan keperempuanannya, tapi, taukah kamu kalo semua itu ditinjau dengan berbagai hal? Hmmm ini ada sekelumit pengalaman paradigma saya ... (cieee bahasa lu Cipa! Kek mahasiswa lagi debat aje. Wakakakakaka).

Perempuan pasti mengalami masalah-masalah nyeri haid, nyeri payudara ketika mulai tumbuh, mulas waktu haid, emosi yang enggak stabil, hahay... ane jadi penasaan neh, secara sekarang ini ane lagi ketiban penyakit aneh yang kagak kunjung sembuh, ya, pendarahan Gan, kenape ye? Ckckck ... mungkin emang tubuh ane terlampau montok ampe darah kaga muat di badan ane... hahahahaha #ketawa miris
Ini pengalaman ane nih, waktu kecil sekitar berape ye? 10 tahunan lah, waktu itu dada ane tiba-tiba nyut-nyutan. Ya Alo, kenapa ini? Sampe dada ane terus digesek saking gatelnya, ya, apalagi pas daerah puting dan sekitarnya yang terasa nyeri, ane pikir, mungkin karena waktu itu banyak maen sama cowok, (maklum, ane tomboi hingga kini, kaga bisa pake high heels meski beli pake duit gaji. Hiks...) lha? Apa hubungannya ya ama cwo? Hehehe waktu itu ane kira Tuhan marah karena ane temenan sama cwo terus, kaga pernah mau pake rok (ini pun hingga kini. Maaf buat bapak ane yang keknya ampe stress nyuruh ane pake rok, apa daya, rok bikin ane kaga bisa jumpalitan pak)
Nah, terus, ane gak berani bilang ke nyokap. Soalnya, takut nyokap marah, alhasil, setiap detik ane pegang dada, sampe Mak aku bilang “kunaon nyepengan wae susu?” (kenapa megang dada terus?) ane Cuma nyengir, lama-lama gatel itu berasa nyeri. Dan, ane pun berniat tobat gak akan maen lagi sama cowok-cowok itu, dan bilang ke nyokap “Ma, besok gak mau maen sama si ucup lagi ma, sieun jadi lalaki.” (ma, besok gak mau maen sama si ucup lagi, takut aku berubah jadfi cwo). Mak ane bingung, “lha, kenapa?” Lha akhirnya ane bilang yang tadinya kagak mau di ekspos. Mak ane heran “sini liat!” pas ane buka baju, dia malah ketawa. “makanya jangan maen sama cwo mulu,” disitu ane ampe nangis. Takut beneran ane dikutuk jadi cowok. Ha? Jangan Ya Alo...

Nah kasus kedua waktu ane pertama haid,  waktu itu ane (lagi-lagi) maen perang-perangan ala Power Rangers. Ya, ane jadi si Kimberly yang ranger pink, tadinya mau ranger hitam, tapi temen-temen ane pada protes. Masa ranger item cewek katanya, huh sebal! Trus, ujug-ujug ane mules yang gak kayak biasanya, ya, kagak pengin nongkrongin jamban, tapi, mules yang bkin perut ane kayak ksemutan, trus, pas lagi dikejar musuh, ane ngacir ke kamar mandi rumah. Masya Allah... Buju buneng... celana ane penuh darah. Haaaa? Ane histeris sampe mama dan kakak ane terbirit-birit ke kamar mandi. “kenapa?” “cangcutnya getihaaaannn” (kancutnya berdaraah) eh, mereka malah tenang-tenang aja n bilang, “oh, geus waktuna (sudah waktunya) sana ganti kancut!” Ha? Ane melongo, ini kenapa lagi? Apa Tuhan masi marah dan kutukan jadi cwo bakal menimpa ane? Oh tidaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkk #Nikita Willy modeon.
Dari situ tiap malam sebelum tidur ane bertobat “ya Allah, jangan marah, aku bertobat gak akan main sama cwo lagi, aku takuuut...”

Nah, itu sepenggal cerita kecil ane waktu mo dewasa, nah, sekarang ane udah 25 taon, udah cukup dewasa en cukup kawin. Wakakakakakaka semoga Matthew Bellamy segera sadar kalo aku lebih seksi dari Kate Hudson... hahahhaha #minta kawin maaak.
Masalah yang sering terjadi sama perempuan adalah nyeri haid, gejala-gejalanya apa aja ya? Nah, sebelum membahas nyeri, cekidot nih definisi menstruasi apa dulu ...
Menstruasi adalah tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai. Menstruasi terjadi saat lapisan dalam dinding rahim luruh dan keluar dalam bentuk yang dikenal dengan istilah darah menstruasi.
Dalam keadaan normal, setiap bulan seorang wanita yang telah memasuki usia subur akan melepaskan satu sel telur (ovum). Ovum akan dihasilkan dan dilepaskan oleh indung telur (ovarium). Ovum yang dilepaskan tersebut akan berjalan masuk ke dalam rahim melalui saluran telur.
Bila pada saat itu ada sel sperma yang masuk dan bertemu, dapat terjadi pembuahan yang berlanjut menjadi kehamilan. Untuk mempersiapkan kehamilan yang mungkin terjadi, dinding rahim akan menebal. Penebalan yang disebabkan oleh faktor hormonal ini berguna agar rahim siap menerima mudigah yang akan tertanam di sana.
Bila kehamilan tidak terjadi, kadar hormon (yang membuat rahim menebal) akan turun. Akibatnya dinding rahim sebelah dalam akan luruh, dan terjadilah menstruasi. Usia saat menarche
Biasanya haid terjadi pada perempuan yang sudah baligh dan hormonnya sudah seimbang, biasanya nih, udah pada tertarik sama cowo, asal tau aje ye, dulu waktu SD, ane anak yang pertama haid sampe diejekin sama tmen-temen cowok ane. Sialan. Mereka bilang “oi, lo pake soptek dong kek emak gue?” “kagak ikh, gue lagi males solat aja, gue mo maen bola sama si kiki.” maklum, dulu ane dipindahin dari SD negeri ke SD swasta yang agamis, biar lebih solehah katanya, tapi, disitu ane malah jadi brutal n jadi kembang kelas, secara banyak yang suka #eeeeeeeeeaaaaaaaa. Karena ane galak, banyak cowok yang dekat sama ane, apalagi ane langganan dihukum guru karena kesiangan dan kagak ngerjain pe-er. Hahaha.
Saat telah mengalami siklus menstruasi, itu artinya tubuh sudah memiliki hormon yang diperlukan untuk proses reproduksi. Hormon itu pula yang akan mempengaruhi berbagai perubahan bentuk tubuh termasuk perkembangan dari payudara. Jadi, kalo uda mens, pastilah dada kamu akan mulai merekah #eeeaaaaa.
Saat menstruasi, sebagian besar wanita merasakan gangguan ditimbulkan oleh Pra-menstruasi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kumpulan gejala fisik, psikologi dan emosi yang lebih dikenal dengan istilah Pre Menstrual Syndrome atau PMS, makanya, para cowok suka males ngadepin cewek yang lagi mens. Pada sensitif katanya, contohnya si Samandayu teman ane, kalo ane lagi PMS, dia langsung  bilang “lu sensitipan ah, PMS!” Ya Alo...
Ya sih, kalo mau menstruasi biasanya ada gejala-gejala emosional yang sering dialami kayak gampang banget tersinggung, gampang marah, mood enggak stabil, bahkan sampe banyak makan en ngemil kayak ane, makanya jadi montok gini, sampe si Kakang sayang kaga mau berpaling ke lain hati. #eeeaaaa. Nah, penyebab munculnya sindrom ini katanya belum jelas, menurut sumber yang ane baca, penyebabnya ada yang bilang karena hormon estrogen dan progesteron yang enggak balance. Ada yang bilang karena hormon estrogen yang berlebihan. Tapi, akhir-akhir ini ditemukan alasannya yaitu berhubungan dengan gangguan perasaan, faktor kejiwaan dan masalah sosial yang dialami penderita menstruasi. Sebenernya, kalau ditelaah lebih lanjut apa yang terjadi pada kaum cewek saat PMS terkadang memang ga bisa dinalar. Jangankan cowok, cewek aja sering bingung sendiri…hehehe ^_^ yuuuhhuuu itu dari sumber yang ane baca, jadi, bagi para cowok, sabar aje ye, kalo cewek lagi mens, emang kodratnya begitu, ada juga yang bilang kalo lagi mens hasrat seksualnya tinggi. Hahay....

Nah, lain lagi sama penyakit yang ane alami ini, katenye karena hormon ane ada kelainan. Ya alo, jadi inget tuh dokter jutek amat. Waktu itu ane periksa:
“Keluhannya apa? Lagi hamil ya?”
“Haaaaa.... enggak dok, ini, mau periksa ng.... (agak malu soalnya ane periksa ke dokter kandungan). Mens saya kok gak berhenti-berhenti ya dok?”
Ane di usg tuh... katanya rahim ane bersih, jadi ngeri ane, subhaanallah, rahim ane diintip, cem mana ya kalo ada dede bayinyah? Huaaaaaaaaaaa...... akhirnya dokter bilang ane kagak apa-apa. Alhamdulillah yah. #ala Syahrini.
“Ini mah karena hormon tuh, keliatan dari jerawatnya,”
Abis itu sekalian dah tuh dokter bilang. “Udah nyoba shake yang di depan?”
“Ha? Belum dok,”
“Itu resepnya dua kali sehari ya, coba dulu selama tiga hari” katanya.
Ane sih oke-oke aja, sapa tau badan ane jadi seksi kek Jessica Alba :p secara ada program dietnya.
Setelah itu, apa yang terjadi, ane nongkrongin tukang shake yang tadinya ane kita tukang jus.
“Ada yang bisa dibantu mbak?”
“E...e..eh... gak tau tadi disuruh kesini”
“Lho? Kok gatau? Sapa yang nyuruh?”
“Dokter.”
“Oh, sini liat resepnya. Dicek dulu ya, tinggi badan sama berat badan nya berapa?”
Buset dah, ini yang paling ane keselin. Kenapa harus nanya sih? Bilang aje kenapa penyakit ane ini... huaaaaaaaaaaaa....
Ternyata, ya, ane kurang cairan tubuh, kurang nutrisi, blablabla... ujug-ujugnya,
“tiap pagi dan sore mbak harus minum ini.”
“Oya? Tapi dikosan saya gak ada blender teh”
“Gapapa kok, di blender disini. Rutin aja.”
Nah, pas ane nyoba minuman itu, buset dah, pertama kecut, minuman kedua kek bubur bayi, ketiga kagak ada rasanya, Ya Allah Tuhaaaan. Engkau buat aku seperti ini.... ampe tiga hari musti makan ginian?
“Oke, dua puluh lima ribu itu untuk sehari ya mbak?”
“Bisa jadi, tapi bagusnya dua kali mbak.”
“Lha, emangnya berapa? Dua kali itu dua puluh lima ribu, kan?”
“Bukan, teh, dua puluh lima ribu itu sekali makan?”