Saturday, 19 November 2011

Menemukan Tulisan dan Gambar, Aku yang Hilang


Hola...... selamat bermalam minggu, selamat berduaan dengan pacar, selamat meluangkan waktu dengan ketenangan, hmmm selamat apalagi ya? selamat nonton, selamat berpesta pora, selamat ngacir, berak di celana pertama kali, bercinta dengan kucing yang pengen kawin... argh kok malah jadinya ngelantur kesitu sih? hehehe


Kali ini saya sedang pulang kampung, berada di rumah selalu mengingatkan saya pada waktu kecil dulu, bagaimana saya menjalani hari-hari dengan orangtua dan adik-adik saya. Kamar yang dulu saya tempati, kini diisi oleh adik-adik saya. Sekarang saya menjadi "orang asing" di rumah. tidur di manapun asal bisa merem, datang dan pergi seperti tamu jauh, yang membedakan, sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan penerbitan di Bandung dan sesekali pulang ke rumah untuk bertemu keluarga dan melepas kangen dengan adik-adik saya bahkan mengenang tempat-tempat dan jalan-jalan yang pernah saya lalui semasa sekolah.

Siang tadi saya melewati SD tempat saya sekolah dulu, nampak lebih megah ketimbang saya masih menjadi siswa di situ. Segerombolan pedagang kaki lima khas jajanan SD, masih saja dikerubutin anak-anak yang menghabiskan uang jajannya pulang sekolah. Saya jadi ingat adik-adik saya yang SD. Sudahkah mereka pulang? Atau masih di kelas masing-masing sambil bersiap pulang? Atau mereka termasuk ke dalam anak-anak yang mengerubuti pedagang kaki lima itu? Ingin rasanya saya turun di depan sekolah dan mencari adik-adik saya. Tapi saya urungkan karena saya sudah kadung pewe dan belum salat Duhur. Jadilah niat mengunjungi sekolah saya urungkan lain waktu. 

Sampailah saya di rumah tercinta. Melewati gang yang di sebelah kirinya (dulu) sawah yang terbentang dan saya merasa sangat bebas bermain di situ. Sekarang sawah itu  dibentengi dan saya yang montok ini merasa sesak ketika melewati gang. Celingak-celinguk mencari sosok Mama, Apa, atau adik-adik saya, tidak nampak. balong dulu tempat main saya dan sering kecebur juga sekarang kering. Argh.... banyak yang saya lewatkan tanpa tulisan...

Sadar #plak#
Aku kalau di rumah :p
Kebiasaan di rumah adalah saya selalu mencari-cari bahan untuk diolah, yah, meskipun tidak bisa-bisa amat, saya senang memasak. dan hoopla .... saya menemukan daging sapi *sisa kurban keknya* di freezer. Saatnya mengolah daging menjadi masakan dengan yummy and seksi food.... *farah Quinn mode on*

Sampai saya teringat janji kepada adik saya, Melani. Dia meminta saya melihat tulisannya yang mau dia kirim untuk lomba. kemarin, waktu saya tanya mama saya, beliau bilang bahwa tulisan adik saya bagus, dan menarik. Saya sih merasa biasa saja, bisa jadi itu adalah ungkapan kagum seorang ibu kepada anaknya. Dan bisa jadi, kekagetan dan kekaguman saya kepada tulisan Melani juga karena saya kakaknya.

Selepas ashar saya melihat-lihat dokumen adik saya di komputer. Dan waw! saya terkejut karena dia begitu banyak menulis tentang cerita yang "mungkin" keseharian dia. Memang saya tidak melihat gaya fantasi atau kartun layaknya anak-anak kebanyakan (setidaknya itu saya alami ketika mengedit). Saya hanya membaca tulisannya dia, sekolah, cerita persahabatan, dan sepenggal kisah kecelakaan. Jadi tertawa sendiri. Ternyata adik saya seorang penulis juga, bisa dikembangkan ini ....

Menyadari kelebihan adik saya dalam menulis, setidaknya dalam usianya yang baru menginjak 11 tahun, dia bisa menulis sebaik itu. Dulu saya hanya menulis sepenggal-sepenggal dan mudah hilang mood-nya. Hingga kini, kualitas menulis saya masih jauh dari baik. Yah, semoga saya bisa menjadi diri saya yang pecinta teater, penulis, dan editor dalam kepribadian yang sama. 

Dan, saya juga baru "menyadari" bahwa adik saya bisa gambar. Sangat disayangkan, saya sangat tidak bisa menggambar, dulu bisa menggambar perempuan bergaun panjang dengan belahan dada. Itupun nyontek teman, saking tidak bisanya menggambar (selain gambar dua gunung dan jalan ditengahnya). Saya juga bisa menggambar sepatu, (bukan sepatu modis tentunya) itu yang saya ingat sampai sekarang. Saya benci sekali pelajaran Menggambar. 



Nah, setidaknya, itulah yang saya temukan di komputer hasil gambar adik saya.


Mungkin kalian akan menganggap "apa-apaan, gambarnya biasa aja". Saya melihatnya dari sisi lain, Kawan, adik saya yang pendiam ini dan cenderung takut untuk mengungkapkan apa saja menjadi luar biasa bagi saya. Ya, setidaknya dia tidak akan menjadi ciut kayak saya yang terus menerus takut berkarya. Menang tidaknya dia dalam perlombaan, bukan wewenang saya, namun membangun rasa percaya dirinya dan menjadi "teman dekat" sekaligus pembimbing, saya rasa saya masih bisa melakukannya, hehehe...




 “cepet sembuh ya sahina. Biar bisa sama-sama lagi ke sekolah” kata meilan
“iya, beberapa hari juga aku akan masuk lagi kok” kata sahina
“kamu pasti kangen sama fadilah” kata dinda
“iya, pasti kamu kangen sama fadilah”
“apa? Anak sok kegantengan itu? Sorri ya, enggak level!” kata sahina disambut tawa teman-temannya.


*tulisan Melani. Tanpa rekayasa dan belum dipublikasikan*

13 comments:

  1. jadi kangen adik2 di rumah... mak pengen pulang.. hiks (gie)

    ReplyDelete
  2. wah,, ngegambarnya pake apa tu fa? pewarnaannya bagus, rata gt :O

    sekali2 posting donk tulisan adiknya. pgn baca hehehhee

    ReplyDelete
  3. @miawruu itu pake paint.

    Sampe sekarangpun gw ga bisa gambar cuma mainin mouse sama keyboard aja. nasib yang punya jiwa seni kronis #curcol

    Hasil olahannya mana? HOAX ga ada potonya.. wkkkwkkk

    ReplyDelete
  4. mana cerita dia? cuma cuplikan dialog? =-=

    ReplyDelete
  5. >,< awww gambar Farah Quinn-nyaaaaaa /meleleh/

    O.o adeknya ka Syifa terbang

    ReplyDelete
  6. Sekarang cuma ditampilin cuplikannya Kawan, insya Allah nanti mau publish tulisannya dia, katanya sekarang lagi dirampungkan. dia lagi bikin novel...

    @Data: yaka....nnn itu syifa quinn :p

    ReplyDelete
  7. wow, dari cuplikan dialog di atas, bagi anak 11 tahun itu sangat bagus. saya sendiri boro2 bisa nulis kaya, gitu pas umur sebelas. saya yakin dia bakal lebih baik lagi nantinya.
    sukses untuk adiknya....

    ReplyDelete
  8. gambarnya bagus kakak, yg seperti ini kelak akan berbakat menggambar

    ReplyDelete
  9. wahhh berbakat ituh adeknyaa.. hebat2..
    kecil kecil punya karya!! ^^
    baik dalam tulisan2nya maupun gambar2nya.
    di dorong dan motivasi terus ya mbaa adeknyaa :D

    ReplyDelete
  10. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  11. terimakasih atas infonya gan
    di tunggu informasi selanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com