Sunday 5 February 2012

Ilmu Sedap Menjijikkan


Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar ilmu pengetahuan paling aneh sedunia? Argh kali ini saya tidak akan membahas tentang satu buku novel romantis dengan cerita petualangan cinta Romeo dan Juliet. Agak sedikit berbeda, sih! Berbeda tentang apa? Hanya tentang pengetahuan yang buat kamu makin pintar. Jiaaaaaaaaaaaahahahahah sok iye lu!

Yap! Daripada ane ngoceh terus, mendingan langsung cekidot nih isi buku pengetahuan paling aneh yang ane temukan ini.
Judulnya: Buku Pengetahuan Paling Aneh Sedunia. Buku apaan tuh? Yang pasti kamu enggak akan nemuin kisah romantik sepasang remaja yang lagi galau karena status pacarannya. Helloooo ini buku pengetahuan gitu loh! Judulnya aja Buku Pengetahuan Paling Aneh sedunia.

Mungkin buku ini tidak disarankan buat kamu yang jijian. Bukan, bukan melarang, tapi, kalo kamu haus akan pengetahuan yang semakin mengering, saya sarankan buku ini. Karena apa? Kamu akan menemukan makhluk-makhluk aneh yang ada di dunia ini dan kebiasaannya, santapan-santapan jorok semacam memakan otak monyet, penyakit-penyakit menjijikkan, pengobatan menakjubkan serta penyiksaan liar.

Isi buku
Kamu mungkin tidak asing dengan kopi luwak. Ya, jujur saja saya baru tahu kalo kopi luwak yang gurih itu ternyata berasal dari kopi yang dimakan hewan luwak dan dikeluarkan lagi bersamaan dengan eeknya. Oalaaaaaaaaaaaahhh sempat jijik juga sih sebenarnya, tapi yaaaaaaaaaa …. gimana, cita rasanya begitu menggoda… slllrup!

Pernahkah kamu memakan telur dadar? Hmmm pasti sedap dan gurih. Apalagi dihidangkan dengan saus sambal dan mayonnaise yang disajikan hangat-hangat. Hmmm yummy…. Tapi, cem mana ceritanya kalo telur dadar yang kamu santap adalah telur dadar tarantula? Ayayayay …. Ane sih bergidik. Tapi, makanan semacam ini adalah makanan lezat menurut sejumlah masyarakat seantero bumi. Mana saja? Katakanlah oleh Bushmen alias manusia semak di Afrika Tengah. Sementara masyarakat Thailand Utara dikabarkan suka memanggang laba-laba setelah kaki-kakinya dicabuti dulu. Ane sih tetep aje gatel bacanya. Heuheu masyarakat lain yang suka menyantap tarantula bulu raksasa adalah masyarakat pribumi Venezuela, Amerika Selatan. Waduh, kebayang kalo ane yang makan, gatel enggak yaa????

Sedapnya otak monyet
Masyarakat Pingxiang, suatu daerah di perbatasan Vietnam, terlebih dulu membeli monyet di pasar dan membawanya ke restoran setempat untuk diolah oleh koki. Bagaimana si koki mengolahnya? Oooo bukan disembelih terus disate kayak ayam yang baru mati kemaren, tapi, si monyet akan dipaksa menegak anggur beras hingga mabuk, kemudian mengikat kaki dan tangan mereka. Sang Koki lalu membelah otak monyet-monyet mabuk itu, dan menyedot otak mereka sampai menghidangkan otaknya di dalam mangkuk. Hiyek …. Otak monyet yang katanya juga nenek moyang kita. Waw… sedap dan gurih kedengarannya. Hehehe.

Kalo masalah hidangan, apa nama hidangan yang tersaji dengan apik, tapi masih membuat bibir kamu keras? Yap! Namanya hidangan ikan fugu dari jepang. Jadi ingat Mrs. Puff di Spongebob. Heuheu … enggak gitu juga kali ya, ikan yang disebut juga dengan ikan buntal ini kan paling digemari karena sering dihubungkan dengan kelezatan dan keistimewaan citarasanya. Banyak orang yang menyamakan rasanya dengan daging ayam. Tapi saya belum pernah nyoba, mungkin setelah menulis ini kamu mau mengirimkan satu ton ikan buntal ke kosan saya? Heuheu selain citarasanya yang lezat, ikan ini mengandung racun paling mematikan yang ada di alam. Yah, asal kita bisa mengolahnya, racunnya aman kok. Lho?

Biskuit keras dan menggeliat-geliat
Ada juga info yang perlu kamu tahu, kenapa para pelaut di pasukan Nelson biasa makan biskuit dalam gelap? Tanya kenapa? Bukan, bukan buat mesum bareng bareng koq, pada 1700-an, di bawah kepemimpinan Laksamana Horatio Nelson, Inggris memiliki angkatan laut paling kuat di seluruh dunia. Tapi, keadaan kapalnya sangat sangat menjijikkan. Ya, bayangkan saja makanan yang kamu simpan di kapal untuk persediaan ternyata membusuk dengan cepat. Belum lagi sayuran yang seharusnya baik. Makanya, mereka memilih makan biskuit kapal yang kerasnya minta ampun. Selain itu, biskuit itu biasanya dikerubuti semacam kumbang ato belatung yang menggeliat-geliat. Sehingga kalo mereka mau makan, musti diketuk-ketukin dulu sebelum masuk mulut. Nah, makanya mereka makan malem-malem biar gak bisa liat belatung dan serangga-serangga di biskuit kalo makan. Tinggal nyam nyam gurih, enak dan lezaaat …..

hidangan apa hayoooo????
sumber gambar: google
Serangga
Serangga apa yang suka kentut? Buat kamu yang geli liat kecoak, pasti kenal baunya. Iya, baunya mirip kayak bau toilet yang enggak dibersihin gitu. Darimana saya tahu ini? Heuheu baca doooong, plis deh. Kecoa kan memiliki gigi dalam perut. Mereka dengan senang hati memakan apapun yang berasal dari kotoran kaki, bulu-bulu kaus kaki, debu, keringat, minyak kulit, dan bakteri-bakteri yang terkumpul diantara jari-jari kaki manusia. Sialnya, ia suka memakan apa saja. Dari yang kotor hingga yang bersih. Yang pasti, dari kotorannya itu yang akan memberikan kamu berbagai macam penyakit. Makanya, waktu saya tahu, saya bilang sama adik saya: kalo tidur kakinya kotor, suka di gigit kecoa lho! Hiiiyyyyy akhirnya setiap malam adik saya selalu wajib bersihin kakinya. Takut nanti kaki dimakan kecoa katanya. Hihihi.

Apa yang paling busuk dan bau?
Ada lagi nih yang bikin saya agak geli. Sekitar 1850-an, London adalah kota yang sangat menjijikan di Inggris. Kenapa? Waktu itu, jalanan, selokan, dan sungai dipenuhi kotoran yang sebagian besar berasal dari limbah rumah tangga. Ya, dari bak cuci, kakus, yang menuju saluran-saluran pembuangan tua dan langsung menuju Sungai Thames. Nah, yang gak kalah jijik, sebagian besar air minum penduduk kota London kan berasal dari sungai itu, kebayang mereka kemudian sakit bahkan mati. Menyeramkan. Selama musim panas yang panjang sekitar tahun 1858, penduduk di bagian pusat kota terganggu oleh bau busuk yang menyengat. Karena apa? Saat itu, London yang terkenal dengan sebutan The Great Stink atau kota berbau busuk, dan penduduknya terkenal jarang mandi. Cem mana mau mandi, air nya juga nyampur sama eeknya dia. Wewh

Makanya, para anggota parlemen pada kabur tuh selama mereka bekerja karena enggak tahan dengan bau busuk yang menyengat itu. Saya jadi kepikiran kalo anggota parlemen di kita yang gedungnya sempat mau direnovasi milyaran itu juga dipenuhi kotoran dan tinja manusia … pasti pada ogah dah nyalonin diri jadi anggota DPR. Wakakakaka

Hal lain yang ada di buku ini adalah, kalo tinja kudanil adakah kudapan sedap buat babon. Dan Hitler itu benar-benar menderita perut kembung. Makanya dia suka enggak bisa menahan kentut. Ini diceritakan oleh John Toland. Penulis biografinya. Kemudian Hitler diberi obat yang dia konsumsi terus menerus yang membuat penyakitnya semakin parah. Karena ternyata, pil-pil itu mengandung racun yang mematikan. Racun itu juga yang membuat warna kulit hitler jadi seputih mayat dan tangannya yang selalu gemetar di saat-saat terakhir kehidupannya. Selain itu, Hitler juga menderita penyakit gusi berdarah yang menyebabkannya menderita halitosis alias bau mulut. Sadaaaaaaaaaapppp…

Sebagaimana buku tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Sialnya, saya kelupaan menulis ini kalo enggak diingatkan teman saya. Heuheu

Kelebihan buku ini tentu aja menyajikan buku ilmu pengetahuan dengan lebih menarik dan ringan sehingga buat siapapun yang baca, dia bisa seperti berada di wilayah yang sedang diceritakan. Lho? terbukti, adik saya yang umurnya baru 7 tahun aja ampe keasyikan bacanya. Intinya, bisa dibaca semua umur gitu. Mak Wewe ato Om Gundo juga bisa baca. hiahahahha seram ...

Cuma, mungkin karena kebanyakan cerita sehingga saya merasa ilmu yang didapat belum penuh. artinya, bukunya agak 80 persenan menyajikan cerita keseluruhan. Semoga aja bisa dilengkapi di buku keduanya. Ada serinya lho, ternyata. Tunggu aje di review ane selanjutnya. kurang satu lagi! bonusnya itu lho! gantungan pintu. padahal saya maunya gantungan kunci biar lebih eksis... iye gak??


So, bagaimana? Kamu tertarik membaca buku pengetahuan yang pastinya bikin kamu mual, tapi mencari kepuasan dengan membaca? Seru banget membaca buku kayak ginian. Apalagi dengan ilmu pengetahuan yang jarang saya temui dalam kehidupan sehari-hari saya. Bukan mau nyaingin program tipi itu lho, saya Cuma mau membagi pada kalian. Hehehe
Have a nice day!!! See ya di review buku selanjutnya.

Sumber: Buku Pengetahuan Paling Menjijikan Sedunia.
Penulis: Francesca Gould
Penerbit: Kaifa Learning, Bandung
Kategori: Funny Science
Tebal: 156  halaman
Harga: 69.000

40 comments:

  1. beeergh, gambarnya menjijikkan. ogah baca deh!

    ReplyDelete
  2. ini review buku alias sinopsis buku ya. enggak dibahas kelebihan dan kekurangannya apa sebagaimana resensi? tapi artikel yang menarik :D

    ReplyDelete
  3. Menarik uiii... pengen beli bukunya,,, :D

    ReplyDelete
  4. aduuuh, bisa2 ga napsu makan seminggu deh, kalau baca ini buku -___-

    ReplyDelete
  5. ooohh...aku tau...si El** pernah nunjukin en niat beli buku ini...
    aku ancem aja,,,''mau makan otak kucing!!!!'' hahahaha....
    ga tega ah,,kasian thu monyet,,lagi mabok malah otaknya di sedot...
    en gambarnya....hiii...kepala monyet dengan otak terbuka...plus sedotan...wek...enough enough....=.=

    ReplyDelete
  6. Eaaks.. Kanibal dong.. makan otak monyet masa.. haha Dan biskuitnya iyuuuh buat semuanya Iiiyuuuuh.. hahaha

    ReplyDelete
  7. karna akika jiji'an dan selalu keinget2 terus lebih baik tidak membelinya sajaa..huaaaaaa itu london mantep bener itu. orang2nya pasti bau ketek semua.

    ReplyDelete
  8. Hiiii.. Makanannya memuakkan =="
    Tapi ngomong2 bahasa ente yang ini ==> "Haus akan pengetahuan yang mengering" *bacasambilngupil o.O

    ReplyDelete
  9. bener aq pernah baca aje gile laaah..
    apalagi kalau ada makanan kesukaan, trus dibayangin sama yg gtu2.. X_X

    ReplyDelete
  10. sungguh sangat agak sedikit menjijaikan hihihii...tp kdang2 perlu tuh bcaan begituan :D

    ReplyDelete
  11. menarik banget, sayangnya saya kurang kuat ngehadapin yg menijijikkan =_=
    kalo soal selera makanan sih tergantung masing-masing u_u

    tp kayanya itu buku buat anak-anak kan ya? hmm, nanti pengen cari :3

    btw itu gambar... burger bayi hamster ya?

    ReplyDelete
  12. Menarik, lumayan untuk menghilangkan nafsu makan gua dalam rangka diet...

    ReplyDelete
  13. oalah , aku tersesat di blog mu ini, tapi bagus ding buat pengetahuan :)
    mampir juga yuk ke blog ku :)

    ReplyDelete
  14. Jadi inget artikel2 di blog macam terselebung,unic77,haxims gtu.banyak artikel tentang makanan nyeremin gitu.
    Eh...daerah mana gtu di indonesia yg doyan makan anjing,kucing,tikus.euuhh...kejaaam bgt makan doggy sama kitty...

    ReplyDelete
  15. asyik revieweny :D alhamdulillah saya bukan golongan orang yg gampang jijik :D ditunggu review yg lainnya ya jeung :)

    ReplyDelete
  16. Hahaiii ... otak monyet sedap tuh kalau jadi saus buat spageti haha :D

    Tulis aja padahal isi bukunya, jadi gak usah mahal-mahal beli :D

    ReplyDelete
  17. bikin dong restoran yang nyajiin menu-menu di atas, katanya suka masak. :P

    ReplyDelete
  18. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:D

    ReplyDelete
  19. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  20. infonya bermanfaat dan menarik sekali.jadi tambah ilmu,,,terimaksih gan

    ReplyDelete
  21. Tambah pengetahuan,,menarik lagi postingannya,,
    thanks ya gan

    ReplyDelete
  22. topik yang disajikan sangat bagus
    dan tampilan blog nya keren
    thanks gan

    ReplyDelete
  23. buku nya aneh
    tapi menarik sekali
    terimakasih

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. terimakasih atas infonya gan
    di tunggu informasi selanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  29. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  30. si blog nya sangat menarik menjadikan wawasan bagi pembaca

    ReplyDelete
  31. When the long journey by plane, what can you do if you are bored with the entertaiBandar togel hongkong
    nment offered by the airline

    ReplyDelete
  32. dengam membaca dapat menambah wawasan
    terimakasih gan info nya

    ReplyDelete
  33. setiap update blog ini sangat keren
    dan tidak membosankan
    terimakasih

    ReplyDelete

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com