Sunday 16 December 2012

Bakso Campuran Daging Babi: Bikin Mual



 hadeuh ngiler -_-
Metrotvnews.com, Jakarta:  Pemerintah seharusnya lebih bertanggung jawab untuk mengawasi peredaran bakso opolosan daging babi dengan label Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal itu diungkapkan Ketua MUI Ma'ruf Amin di Jakarta, Sabtu (15/12).

Amin menilai MUI tidak bertanggung jawab atas beredarnya bakso oplosan tersebut. Pasalnya MUI hanya berwenang menertibkan sertifikasi halal. Sertifikasi tersebut hanya berlaku selama dua tahun.
Wah gimana ya saya menanggapinya? Ini sudah jelas-jelas ketidakjujuran yang sama sekali tidak mengindahkan unsur kelayakan a.k.a kehalalan.

Haruskah saya bilang ini haram atau halal? Toh si pedagang yang diduga mengoplos daging sapi dengan babi itu cuma mau melakukan ikhtiar agar dagangannya laku. Oke, kita kesampingkan perkara agama halal dan haramnya dulu. Intinya, sebagai orang berjualan, bagaimana caranya dengan untung sekecil-kecilnya dapat untung sebesar-besarnya. Hukum dagang kan begitu ya, hal yang tidak bisa disalahkan juga.

Namun, untuk mendapat untung besar itu kejujuran yang dipertaruhkan dengan murahnya harga yang dibayar daging oplos itu. Mirisnya, pabrik yang disita polisi itu sudah beroperasi 2 tahun lalu. Memang sih gak diketahui sejak kapan mereka mencampur daging babi kedalam adonan bakso daging sapi. Itu saja masih ada sisa daging beku yang mau diproduksi. Kalo saya sih ngebayanginnya “mungkin” baru seminggu mereka bikin adonan daging babi itu. Berapa banyak orang yang ketipu makan daging sapi coba? Menurut berita, pengoplosan daging itu dilakukan karena langka dan mahalnya daging sapi di pasaran. Wakil gubernur Jakarta pak Ahok aja bilang daging celeng mustinya buat jadi santapan penghuni Taman Safari dan kebun binatang. -_-
mending terang-terangan kek begini. lebih jelas

Lihat dari sisi keagamaan. Sebagai Muslim, tentu saja daging babi bersifat haram apalagi untuk dikonsumsi. Mengingat di Jakarta itu banyak yang Muslim, ya, udah ketipu, pake daging babi pula. Jangan-jangan saya juga pernah nyicipin. Argh semoga Tuhan mengampuni dosa-dosa kita dan mereka yang gak tahu.


Ini bakso yang ada mereknya aja ternyata ada unsur daging babinya. Jadinya kasihan sama pedagang2 jujur ya! Ckckck… apalagi saya termasuk suka makan bakso juga. Jadi agak mual juga ngebayanginnya. Cukup satu kali saya ada pengalaman pahit tentang bakso. Haish dulu gara-gara anteng dengerin si bibi tukang bakso ngedumel ada orang gila yang minta jatah bakso, alhasil saking keselnya kali tuh orang gila sampe dilemparin semua isi bakso dalam plastik itu. Ironisnya, semua mi, tauge, dan saos kena saya sama temen saya yang cuma bisa melongo saking shock-nya. Sampe gak lewat lagi tukang bakso yang mangkal deket sekolahan saya dulu. Takut ketauan si orgil lagi. Tak sudi aku ada pengalaman lagi. Hadeuh!

Pokoknya, pandai-pandai memilih dan menelaah ya Say (eciyee bahasanya kayak dosen aje). Meski sulit, gak ada salah ya kita buat jaga-jaga yak! Jangan sampai lagi kita ketipu sama orang-orang kelewat gila dan gak ada tanggungjawabnya!

http://metro.news.viva.co.id/news/read/375023-ahok--daging-celeng-mestinya-untuk-kebun-binatang

sumber foto: google

13 comments:

  1. lebih amannya lagi bikin sendiri :| miris ya makin ke sini jadi bingung mana yang asli :|

    ReplyDelete
  2. di deket rumahku malah ada bakso tikus, untung ketauan =..=

    ReplyDelete
  3. Kesian sama tukang yang emang beneran dari sapi. Orang ngiranya pasti yang lain.

    ReplyDelete
  4. Gue jadi ingat soal gue pernah makan sate daging tikus. Awalnya gue gak sadar, pas di kasih tau temen. Makanan 1 harian keluar semua dari mulut. :|

    ReplyDelete
  5. syukur di medan belum ada kejadian seperti ini (atau belum terbongkar?) selama ini iyah kalau beli bakso sama saudara sendiri, cuma itu doang yg di percaya -_-

    ReplyDelete
  6. weh... bakso babi... -_- gak tau bakso apa yg gw makan beberapa hari yg lalu... s

    ReplyDelete
  7. terimakasih sekali gan telah berbagi informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat bagi banyak orang, di tunggu infomasi slanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  8. terimakasih gan atas informasinya bermanfaat sekali,,,untuk pengalaman berbelanja,,,

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas infonya gan
    di tunggu informasi selanjutnya
    sukses terus

    ReplyDelete

untuk kalian yang tidak memiliki blog, atau Google account, bisa mengomentari lewat NAME/URL
NAME bisa diisi dengan namamu, dan URL bisa diisi www.facebook.com